Panduan Identifikasi Anggrek Kawasan Ekosistem Batang Toru

27
Nov

Panduan Identifikasi Anggrek Kawasan Ekosistem Batang Toru

No. Produk:

Judul: Panduan Identifikasi

ISBN: dalam proses

Penulis: Dewi Kurnia Arianda

Berat: 300gr

​Sinopsis:
Kawasan Ekosistem Batang Toru (atau juga disebut Harangan Tapanuli) terletak di Tapanuli, Sumatera Utara, Indonesia, mencakup sekitar 150.000 hektar hutan primer dengan keanekaragaman hayati yang mengagumkan. Buku panduan identifikasi anggrek ini disusun dengan tujuan untuk memancing perhatian yang lebih tinggi atas penelitian, pelestarian dan pengelolaan hutan dataran tinggi yang unik ini.

Berbagai jenis tumbuhan yang menghuni hutan Batang Toru, salah satu diantaranya adalah jenis-jenis anggrek. Anggrek memiliki memiliki bentuk bunga khas maupun unik yang beraneka ragam dan memiliki warna bunga atau daun yang indah. Hal tersebut membuat anggrek menjadi salah satu tumbuhan bunga populer dan mendapatkan banyak perhatian dibandingkan tumbuhan lainnya terutama setelah diakui mempunyai nilai ekonomi yang cukup baik. Data jenis anggrek yang terdapat di Sumatera adalah 1.200 jenis tumbuh di pulau Sumatera dan tecatat sedikitnya 538 jenis anggrek di wilayah Propinsi Sumatera Utara. Sangat Fantastik!

Hasil survei anggrek di 10 lokasi saat ini tercatat 78 marga dengan 224 jenis. Dari 224 jenis anggrek yang ditemukan, 24 jenis di antaranya tercatat sebagai jenis endemik di pulau Sumatera, 16 jenis wilayah terbaru untuk rekam jejak persebaran untuk Sumatera, dan 3 jenis anggrek termasuk ke dalam daftar IUCN (terancam punah dan rentan). Keragaman jenis tersebut diperkirakan akan terus bertambah di masa yang akan datang, sesuai dengan berjalannya penelitian. Oleh karena itu masih banyak kemungkinan akan ditemukannya jenis-jenis lain atau jenis baru yang belum terdata. Walaupun kekayaan anggrek di kawasan ini cukup tinggi, akan tetapi pemanfaatnya sampai saat ini masih belum tergali dengan baik. Sementara itu kecenderungan kerusakan habitat hutan semakin terus meningkat. Indonesia memiliki kekayaan ragam jenis anggrek yang sangat penting untuk dilestarikan, karena jenis-jenis tersebut semakin mendekati kepunahan karena diperjual belikan dan dikoleksi secara berlebihan.

 

You are donating to : Foundation for Sustainable Ecosystem

How much would you like to donate?
$10 $20 $30
Would you like to make regular donations? I would like to make donation(s)
How many times would you like this to recur? (including this payment) *
Name *
Last Name *
Email *
Phone
Address
Additional Note
Loading...